Penggagas Ensiklopedi Islam

PENGGAGAS ENSIKLOPEDIA ISLAM

Ensiklopedi Islam yang digunakan untuk mengembangkan Ensiklopedia Islam Online ini adalah satu dari rangkaian seri Ensiklopedi yang diterbitkan Penerbit Ichtiar baru van Hoeve (IBVH)

Penerbitan Ensiklopedi islam ini sendiri tak bisa  dilepaskan dari gagagasan dan inisitif seorang warga Belanda yang menjadi pemilik sekaligus Direktur Utama IBVH, Loek Pasmans.

Pasmans tiba di Indonesia pada 1979. Projek pertamanya adalah melahirkan Ensiklopedi Indonesia yang pada masanya menjadi rujukan otoritatif bagi siapapun yang ingin mengetahui Indonesia.

Lahir di sebuah kota kecil di Belanda pada 1949, Pasmans semula hanya memiliki pengetahuan minimal tentang  Islam. Namun kemudian selama di Indonesia, ketertarikannya meningkat. Pasmans secara otodidak mempelajari Islam melalui buku-buku dalam bahasa Inggris, Belanda dan Jerman. Ia berdiskusi dengan banyak rekan dan teman. Ia banyak bertanya pada tokoh islam. Ia juga melakukan observasi dan belajar dari pengalaman sehari-hari ini.

Apa yang dilihat, dialami dan dipelajarinya tentang islam di Indonesia, menyebabkan ia memutuskan untuk menerbitkan sebuah seri ensiklopedi yang bisa dijadikan rujukan utama masyarakat tentang Islam dan Islam Indonesia.

Pasmans percaya bahwa Ensiklopedi Islam di Indonesia  tidak bisa hanya merupakan terjemahan karya asing. Karena itulah, IBVH mengumpulkan para cendekiawan dan pakar islam Indonesia untuk secara bersama-sama menyusun sebuah ensiklopedi islam.

Penulisan dipimpin Dewan Redaksi yang melibatkan nama-nama terkemuka seperti  Azyumardi Azra, Nurcholish Madjid, Taufik Abdullah, dan lain-lain.

IBVH juga membentuk tim redaksi yang menjaga agar muatan ensiklopedi ini bisa tersaji secara sistematis, lengkap dan mudah dibaca.

Usahanya tidak sia-sia. Ensiklopedi Islam disambut gembira oleh masyarakat terdidik di Indonesia.

Kesuksesan Ensiklopedi Islam pertama mendorong IBVH melahirkan rangkaian karya IBVH seri Islam selanjutnya yang terdiri atas: Ensiklopedi Hukum Islam (1997), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam (2007), Ensiklopedi Islam untuk Pelajar (2001), Aku Tahu Islam (2007), serta Haji dan Umrah: Ibadah, Ziarah, Wisata (2011).

Kini, di era digital, rangkaian Ensiklopedi ini akan dikembangkan terus sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat terus dilengkapi dengan perkembangan terbaru.

F

Falak, Ilmu

M

Mahdi, Imam

T

Takdir

G

Geografi

S

Salat Duha

K

Kalbu